Tuesday, 2 September, 2014 6:22

Makanan Minuman Berbuka Puasa yang Sehat dan Halal

Posted by admin on Sabtu, Agustus 28, 2010, 15:01
This news item was posted in Tak Berkategori category and has 0 Komentar so far .

Kualitas makanan sangat menentukan bagi kebugaran orang yang berpuasa, bukan hanya itu kehalalan makanan juga membuat kita makin tenteram

Menjelang berbuka puasa, rasanya kita sudah tidak sabar untuk menyantap makanan di atas meja. Beraneka makanan yang disediakan untuk mengembalikan kondisi fisik tubuh. Akan tetapi kita juga perlu mewaspadai makanan yang masuk. Terlebih lagi jika kita membeli makanan yang dijajakan secara musiman di bulan Ramadhan. Karenanya kita harus pandai-pandai memilih makanan yang sehat untuk tubuh sekaligus halal, agar tubuh kita semakin fit dan sehat, bukan hanya untuk berbuka puasa, tapi juga untuk sahur.

Pada waktu buka puasa dan sahur suplai gizi perlu diusahakan memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh, meliputi enam jenis zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Makanan yang seimbang baik dalam porsi maupun gizi akan mempengaruhi susunan saraf pusat dan kondisi biokimia tubuh. Karena Anda tidak akan minum dan makan sampai saatnya berbuka, usahakan agar cairan yang Anda minum dapat disimpan dengan baik oleh tubuh. Salah satu cara adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial, EFA (essential fatty acid) seperti GLA (gamma linoleic acid) yang dapat menambah kekenyalan dinding sel sehingga air tidak lekas ‘bocor’. Jenis makanan yang mengandung GLA adalah sayuran hijau berbiji seperti buncis, kacang panjang, kacang polong dan oyong. Di samping itu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung banyak GLA seperti evening primrose, borage dan flaxseed. Ikan juga amat disarankan karena mengandung EFA dalam bentuk omega 3. Untuk amannya, pastikan agar menu puasa Anda mengandung kalori dan protein tinggi, seperti nasi, sayur, buah serta protein hewani seperti daging dan ikan. Berikut beberapa bahan atau makanan dan minuman sehat untuk berpuasa agar tetap fit, sehat dan segar.

Kurma

Makanan ini sepertinya sudah menjadi ciri khas pertanda datangnya bulan Ramadhan. Buah padang pasir ini berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan energi, mencegah dan mengatasi anemia, lelah, melancarkan pembuangan.

Nasi Merah

Makanan ini kaya dengan vitamin dan mineral. Nasi merah yang berasal dari beras merah memiliki karbohidrat kompleks sehingga proses metabolisme bisa berlangsung secara bertahap, dan tidak memerlukan atau menghasilkan energi berlebihan. Kita juga akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu satu mangkuk beras merah mengandung sekitar 3,5 gram serat, sementara beras putih kurang dari 1 gram. Banyak manfaat dari mengonsumsi beras merah, yakni dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol darah yang merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung.

Madu

Khasiat madu secara khusus telah ditunjukkan dalam Al-Qur’an. Khasiatnya meningkatkan stamina dan mempertahankan stabilitas tubuh agar tetap segar, mencegah gangguan pencernaan, melancarkan metabolisme.

Buah-buahan

Buah-buahan yang sifatnya diuretic seperti semangka, tomat, mentimun, selada, wortel dan selada air sebaiknya dihindari selama puasa, karena makanan ini membuat cairan tubuh terus menerus keluar. Konsumsilah pisang, apel, pepaya, dan buah-buahan tropis lainnya.

Kolak

Berdasarkan hasil penelitian, dilaporkan bahwa bahan-bahan pembuat kolak, seperti santan kelapa, gula aren, buah pisang, ubi, dan waluh parang mengandung zat gizi yang baik untuk pembuka puasa, dan berkhasiat menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Santan kelapa terutama kaya kandungan lemak sederhana yang siap memasok energi dan melarutkan vitamin-larut-lemak seperti vitamin A, D, E, dan vitamin K. Gula aren yang digunakan sebagai pemanis ternyata memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan gula pasir. ∙nee/berbagai sumber

You can leave a response , or trackback from your own site .

Tak Ada Jawaban Untuk “Makanan Minuman Berbuka Puasa yang Sehat dan Halal”

Leave a Reply